loading...

Kamis, 23 September 2010

Cara Jitu dan Ampuh Mengamankan Komputer dari Serangan Virus

Ada banyak sekali tujuan/efek yang ditimbulkan dari virus yang sudah menular ke komputer, dari hanya sekedar mengusili pengguna, mencuri data, merusak file hingga bahkan menghapus data-data penting di komputer.

Bagi sebagian orang, virus komputer bukanlah merupakan hal yang menakutkan, namun bagi sebagian lainnya merupakan hal yang sangat menakutkan. Sebenarnya kita tak perlu terlalu takut terhadap virus komputer yang akan menyerang jika kita tahu bagaimana trik atau cara mengamankankan komputer.

Lalu bagaimana agar komputer kita aman dari virus? Gunakan software atau tools untuk memproteksi komputer dalam artian gunakan antivirus. Penggunaan antivirus juga tidak boleh sembarangan atau asal-asalan, asal menggunakan antivirus. Saya sendiri selama setahun lebih mempercayakan keamanan komputer kepada Kaspersky, karena kaspersky ini mampu membersihkan virus tanpa harus menghapus file yang terinfeksi. Beberapa antivirus yang pernah saya coba mereka bisa membersihkan virus komputer, namun sayangnya mereka juga akan menghapus file yang terinfeksi, mungkin dengan alasan hal ini akan lebih aman. Hal ini bukan berarti Kaspersky merupakan antivirus yang paling bagus menangani virus, tentu tidak.

Terkadang beberapa virus yang cukup bandel (hebat) akan menyebabkan komputer tidak bisa diinstall antivirus, secara otomatis dia akan mematikan proses eksekusi file EXE. Untuk mengatasi hal ini (agar komputer bisa diinstal antivirus) maka kita perlu melakukan install ulang system operasi. Hanya saja hal ini akan menyebabkan file-file di system C akan hilang, karena kita perlu memformatnya untuk mematikan jalannya virus di komputer.

Selain dengan melakukan install ulang sebenarnya kita bisa mengakalinya dengan melakukan scaning virus melalui komputer lain, yaitu kita lepas harddisk kemudian kita scan di komputer yang bersih dari virus. Hanya saja cara ini sedikit merepotkan, karena harus melepas harddisk, selain itu mungkin saja kita juga tidak mempunyai connector harddisk.

Lalu bagaimana caranya biar mudah dan aman? Alternatifnya adalah kita scan pada posisi save mode atau melalui DOS, saya sendiri biasa melakukan ini (scan via DOS) dengan menggunakan bantuan Windows Live serta antivirus yang bisa berjalan di DOS yaitu McAfee versi DOS.

Untuk Windows Live dan McAfee versi DOS serta bagaimana cara menggunakannya akan saya coba bahas di artikel selanjutnya.

Intinya untuk saat ini coba gunakan antivirus untuk mengamankan komputer dari virus, untuk penanganan selanjutnya (penggunaan Windows Live dan antivirus versi DOS) akan kita bahas dikemudian hari.

Tidak ada komentar: